Minggu, 05 Juli 2009

Tips Cara Memasukkan Produk di Pasar Modern

TIPS MEMASUKKAN PRODUK DI PASAR MODERN







Pendahuluan



Banyak dari kita para usahawan khususnya kecil dan menengah yang belum mengetahui cara memasarkan produknya melalui Pasar Modern/Supermarket. Bahkan kita sering beranggapan pasti sulit untuk dapat memasarkan hasil produk kita (misal: kain batik, emping, keripik ketela, dsb) melalui Supermarket yang saat ini banyak ditemui dilingkungan kota kita atau sekitarnya.



Sebetulnya tidaklah sulit kalau kita mengetahui.







Memasarkan Produk via Pasar Modern/Supermarket



Banyak kelebihan yang dapat kita dapatkan memasarkan produk melalui pasar modern, antara lain:



1. Mendapatkan konsumen baru



2. Salah satu cara untuk memperluas pasar



3. Kita lebih ringan kerjanya dibandingkan harus memasarkan lewat dor



to dor salling



4. dsb







Namun untuk dapat memasukkan produk kita ke Supermarket tentunya ada beberapa persyaratan/ tips yang dapat kita jalankan sehingga kita bisa ikut meramaikan pemasaran via supermarket. Adapun beberpa tips yang dapat kami informasikan adalah sebagai berikut:



1. Mengemas produk dengan kuat



Mengingat pasar modern/supermarket biasanya dikunjungi oleh konsumen begitu banyak maka kita harus mengemas produk dengan kuat/tidak mudah sobek/kusam karena dipegang/dilihat oleh banyak orang/konsumen,sehingga produk tidak mudah rusak. Biasanya agar tidak mudah rusak menggunakan kemasan/bungkus Plastik yang tebal, atau dilapisi dengan bungkus dos karton.


2. Mencantumkan kode produksi,tgl pemakaian,komposisi isi, volume


Setiap Supermarket pasti tidak akan mau menerima barang yang tidak dilengkapi dengan kode produksi ,tanggal pemakaian, komposisi isi dan volume, karena jika menjual barang tanpa keterangan seperti tersebut diatas akan beresiko melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen

3. Mempunyai spesifikasi produk

Jika produk kita berbeda dengan lainnya atau spesifik, tentunya akan mudah diingat oleh konsumen. Disini sebagai pelaku usaha kita diharuskan untuk kreatif agar dapat bersaing dengan produk lain yang sudah ada. Kecualai dari segi ekonomi jika kita mempunyai cirikhas sendiri akan mudah diingat, dalam pasar modern biasanya untuk produk yang sama/ sudah ada terjual di supermarket tersebut, maka produk yang belakangan masuk biasanya akan ditolak. Untuk itu agar produk yang kita tawarkan dapat diterima di supermarket maka kita harus bedak dengan produk yang sudah ada. Contoh yang paling simple biasanya kita membedakan rasa atau bentuknya dari yang sudah ada, misal memasukkan ceriping ketela biasanya yang ada dengan rasa gurih, maka kita bisa memberikan rasa lainnya seperti rasa daging panggang dsb.

4. Mampu mengirim produk secara kontinue

Supermarket akan melihat kemampuan suplier(istilah lain dari pemasok barang) dapat kontinue untuk mengirim barang atau tidak. Karena mereka tidak akan mau kehilangan konsumennya gara-gara barang yang dijual habis ditengah jalan.

5. Menemui orang yang tepat

Kebanyakan orang tidak tahu harus bertemu dengan siapa untuk memasok barang ke supermarket , hal inilah yang menyebabkan banyak orang berpendapat sulit memasukkan barang ke supermarket. Disinilah kuncinya agar kita bisa diterima harus menemui orang yang tepat yaitu Bagian Pembelian Supermarket. Bagian Pembelian ini mempunyai nama yang berbeda untuk perusahaan yang berlainan. Nama lain bagian pembelian yaitu ada yang menyebut Bagian Merchandising atau Buyer.

Demikian tulisan ini kami buat, semoga dapat memberikan tambahan informasi bagi yang membutuhkan.

Salam sukses,

edi Juliono





25 komentar:

  1. trims pak edi!. blognya sangat bagus dan bermanfaat sekali bagi pengusaha pemula

    BalasHapus
  2. Terima kasih pa Edi...mau saya pake tips-trik nya, pas saat ini saya membutuhkan info seperti ini. Semoga Pa Edi tambah sukses...

    BalasHapus
  3. Terima kasih Pak Edi,,
    Informasinya sangat bermanfaat.
    Salam Sukses Selalu

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya pak.
    Salam sukses untuk semua . . .

    BalasHapus
  5. trims atas infonya pad edi, sy baru mngerti trnyata caraya begini..

    BalasHapus
  6. terima kasih atas infonya Pak Edi... sangat membantu sekali

    BalasHapus
  7. Terima kasih Gan, infonya sungguh bermanfaat, ane gan, mau masukin Kopi De' Lampoeng Coffee, ada tiga varian sih, tapi yang ane coba masukin Ground Coffe ROBUSTA 100% Pure Cofee...lengkap dengan DINKES nya...

    Semoga tak ada kendala, doain ya Gan...

    BalasHapus
  8. Trims infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  9. Mampir ke blog saya sodara2 >> tiodinus.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Mampir ke blog saya sodara2 >> tiodinus.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Info bermanfaat....mampir jg ke blog sy matraskasurmobi.blogspot.com

    BalasHapus
  12. Terima kasih banyak sukses selalu

    BalasHapus
  13. USB kartu atau Flashdisk kartu merupakan cara yang efektif dalam mempromosikan perusahaan anda. anda dapat memberikan data promosi perusahaan anda dalam bentuk flashdisk kartu atau USB kartu ini. secara fisik anda dapat menempelkan logo perusahaan anda pada flashdisk kartu ini dan sekaligus menyimpan data yang ingin anda berikan kepada customer atau public.selain itu flashdisk kartu sangat coco untuk kegiatan seminar. jika menggunakan cd itu udah terlalu kuno, maka dengan Usb kartu atau Flashdisk kartu ini akan terlihat lebih elegant dan bagus. Materi seminar bisa disimpan di dalam flashdisk kartu ini. sehingga peserta seminar dengan mudah bisa membawa pulang materi seminar tersebut.

    Spesifikasi product :
    Bahan : PVC
    Ukuran : Panjang 8,5cm Lebar 5,4cm Ketebalan 1,5mm
    keuntungan & manfaat flashdisk kartu :

    1. dapat menyimpan data untuk rapat, seminar, dll

    2. Dapat digunakan untuk kebutuhan PROMOSI perusahaan anda

    3. Bentuk unik dan desain full color, jadi sangat menarik dilihat

    https://www.tokopedia.com/jajan-souvenir/flashdisk-kartu-free-costum-design-suka-suka

    BalasHapus
  14. USB kartu atau Flashdisk kartu merupakan cara yang efektif dalam mempromosikan perusahaan anda. anda dapat memberikan data promosi perusahaan anda dalam bentuk flashdisk kartu atau USB kartu ini. secara fisik anda dapat menempelkan logo perusahaan anda pada flashdisk kartu ini dan sekaligus menyimpan data yang ingin anda berikan kepada customer atau public.selain itu flashdisk kartu sangat coco untuk kegiatan seminar. jika menggunakan cd itu udah terlalu kuno, maka dengan Usb kartu atau Flashdisk kartu ini akan terlihat lebih elegant dan bagus. Materi seminar bisa disimpan di dalam flashdisk kartu ini. sehingga peserta seminar dengan mudah bisa membawa pulang materi seminar tersebut.

    Spesifikasi product :
    Bahan : PVC
    Ukuran : Panjang 8,5cm Lebar 5,4cm Ketebalan 1,5mm
    keuntungan & manfaat flashdisk kartu :

    1. dapat menyimpan data untuk rapat, seminar, dll

    2. Dapat digunakan untuk kebutuhan PROMOSI perusahaan anda

    3. Bentuk unik dan desain full color, jadi sangat menarik dilihat

    https://www.tokopedia.com/jajan-souvenir/flashdisk-kartu-free-costum-design-suka-suka

    BalasHapus
  15. Syarat2nya apakah harus dibuatkan semacam proposal permohonan yaa,??

    BalasHapus
  16. Tidak perlu gan, bawa saja contoh barang dengan kemasanya yg menarik, beserta harga produknya

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Blog diatas adalah blog kami yg sdh lama tidak aktif semoga bermanfaat, tentang penentuan harga ada strateginya lho saat menemui bag pembelian

    BalasHapus
  19. Blog diatas adalah blog kami yg sdh lama tidak aktif semoga bermanfaat, tentang penentuan harga ada strateginya lho saat menemui bag pembelian

    BalasHapus